Cara Perbaiki Ponsel Kena Air dengan Alat Sederhana

ilustrasi service hape (foto: Nurul Arifin/Okezone)

JAKARTA - Ponsel rusak akibat tercebur ke air atau kena air hujan, akan bisa normal kembali bila langkah awal penanganannya tepat. Sebaliknya bila salah penanganan, bukan hanya makin rusak, biaya yang dikeluarkan juga besar daripada harga ponselnya.
Untuk menangani masalah ponsel basah, tidak selalu membutuhkan alat khusus, sebagaimana alat-alat yang dimiliki tukang service ponsel. Nah, bila sudah memiliki alat sendiri,  tentunya tanpa harus datang ke service, ponsel bisa dengan mudah diperbaiki sendiri.
Okezone dalam hal ini akan memberikan tips apa saja alat yang dibutuhkan untuk memperbaiki, seperti dikutip dari buku “Cara Pintar Betulin Hape, Jadi Dokter Hape di Rumah”, disusun tim Kompulab Jakarta.
Obeng T6
Obeng T6 dapat digunakan untuk membuka hampir semua jenis ponsel. Karena ada beberapa ponsel yang tidak bisa dibuka dengan obeng T6. selain itu solder lancip yang berfungsi untuk melakukan penyolderan kecil-kecilan. Lantas, cairan khusus yang fungsinya buat mengeringkan atau bersihkan PCB pada ponsel yang terkena air.
Blower
Blower ini dapat digunakan untuk menghilangkan debu-debu yang menempel pada ponsel Anda. Penggunaannya sangat mudah, yaitu tinggal Anda pencet saja di bagian atasnya, sesuai dengan namanya, alat ini akan mengeluarkan angin yang cukup kuat untuk membersihkan debu.
Penggunaan blower ditunjukan untuk internal ponsel Android Anda, seperti pada bagian SIM Card dan baterai. Selain itu jangan lupa untuk membersihkan slot memory card, slot charger, dan slot untuk headphone.
Blower akan sangat ampuh dari pada meniup manual dengan mulut. Blower juga aman untuk digunakan karena membersihkan ponsel dengan menggunakan angin, bukan dengan suatu cairan tertentu.
Cairan Pembersih (IPA)
Digunakan sebagai pembersih rakaian atau komponen elektronika, seperti handphone. Cairan ini lebih soft dibandingkan tiner dan sejenisnya, cairan ini membersihkan namun tidak merusak lapisan tembaga rangkaian..
Sikat Halus
Sikat halus biasanya digunakan untuk membersihkan ponsel layar sentuh (touchscreen), tetapi bisa juga digunakan untuk membersihkan bagian dalam komponen yang terkena debu atau air. Sangat lembut sehingga tidak akan merusak.
Cairan Siongka
Cairan flux atau siongka adalah cairan untuk mempercepat cairnya timah, serta berfungsi untuk mendinginkan dan mempermudah pencairan timah dalam proses pembloweran dan penyoderan.
Power Supply
Dalam dunia teknisi ponsel, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk melakukan pendeteksian kerusakan ponsel yaitu dengan menggunakan sebuah alat yang disebut DC Power Supply.
DC power supply ini sangat bermanfaat sekali untuk mengetahui tegangan yang dihasilkan oleh ponsel guna mendeteksi secara umum kerusakan yang dialami dan bisa juga menggantikan fungsi baterai dan mencharge baterai.
Perlu diketahui bahwa masing-masing merek ponsel berbeda – beda Amphere yang dihasilkan, jadi harus sering menggunakan dan mencatat hasil amper yang di berikan.
Share on Google Plus

About Unknown

1 komentar:

Like This !!!

×

Powered By Blogger Widget and Get This Widget