Cara Membuat Ad-hoc Network di Windows 8/8.1

Bagi pengguna Windows XP dan Windows 7 mungkin tidak akan asing mendengar istilah Ad-Hoc dimana kita dapat membuat jaringan lokal berbasis wifi dari laptop kita sendiri sehingga memungkinkan perangkat laptop lain terhubung dengan laptop kita. Tapi setelah di-release-nya Windows 8/8.1, fitur ad-hoc ini dihilangkan.


Mungkin bagi anda yang terbiasa menggunakan OS Windows XP atau Windows 7 akan merasa bingung ketika anda menggunakan Windows 8/8.1 .Namun, jangan khawatir karena sebenarnya fitur Ad-Hoc ini dapat kita gunakan kembali pada Windows 8/8.1 dengan bantuan Comand Prompt (CMD) bawaan Windows sendiri. Jadi kita hanya perlu mengetahui beberapa syntax konfigurasinya.



Nah berikut ini merupakan cara untuk membuat koneksi Ad-Hoc pada Windows 8.1.Sebelumnya kita harus mengecek dulu apakah laptop/notebook kita support atau tidak dengan cara :




1.Buka Start Screen lalu ketikkan cmd , Klik kanan dan pilih "Run as administrator"

 *Harus menggunakan administrator

2. Kemudian ketikan perintah "netsh wlan show drivers" tekan enter.
Jika bagian Hosted network supported : YES , berarti laptop/notebook kita support. Lebih jelasnya bisa kita lihat pada gambar di bawah ini.



3. Setelah itu ketikkan..
- "netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NAMA JARINGAN key=PASSWORD"
- "netsh wlan start hostednetwork"
*Sebagai contoh saya menggunakan ADHOCNETWORK sebagai SSID/Nama Jaringan dan password sebagai KEY/Passwordnya
Jika ada muncul tulisan The hosted network started , artinya kita berhasil membuat dan menjalankan/mengaktifkan jaringan ad-hoc.

SELAMAT, kini windows 8.1 terbaru anda sudah bisa membuat jaringan Ad Hoc tanpa bantuan software apapun dan dengan cara ini juga tidak akan merusak system atau menyebabkan windows gagal booting.

Note : Untuk mematikan jaringan ad-hoc , kita bisa mengetikan perintah "netsh wlan stop hostednetwork"



Sekian tutorial tentang cara Memuat Jaringan Ad Hoc pada Windows 8/8.1. Terimakasih, semoga artikel ini membantu dan bermanfaat bagi semua.

Share on Google Plus

About Unknown

2 komentar

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Terimakasih , Artikelnya sangat bermanfaat :D

Like This !!!

×

Powered By Blogger Widget and Get This Widget